Iklan

BELAJAR FISIKA GRAVITASI SAMBIL BERMAIN KARTU


Dilarang berfikir negatif saat membaca judul tulisan, hehehe. Fisika itu dikenal sebagai monster. Namanya monster pasti ditakuti oleh semua orang. Lalu, bagaimana kita bisa mengajar fisika dengan baik jika ditakuti? Susah kan jadi guru fisika? Hahaha. Agar fisika bisa diterima dengan baik, kita harus merubah maskot monster menjadi badut. Caranya adalah dengan menciptakan pembelajaran fisika yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Penerapan model Scramble dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan karena dapat belajar fisika sambil bermain kartu.

pembelajaran scramble
Hasil pembelajaran Scramble


pembelajaran scramble




Kartu soal dan Kartu jawaban


Kartu soal dan kartu jawaban bisa dibuat dalam bentuk lucu dan unik untuk membuat siswa tertarik 


pembelajaran scramble




  1. Sampaikan goal yang akan dicapai dalam pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus jelas dan terukur.
  2. Bentuk kelompok-kelompok belajar. Kelompok disarankan homogen dalam kemampuan.
  3. Jelaskan materi atau siswa diminta belajar mandiri melalui bahan ajar yang dibagikan kepada kelompok.
  4. Bagikan kartu soal dan kartu jawaban kepada setiap kelompok.
  5. Minta setiap kelompok untuk mengerjakan setiap soal di dalam kartu lalu mencari jawaban yang sesuai di beberapa kartu jawaban.
  6. Lakukan evaluasi. Evaluasi dapat berupa pengecekan masing-masing jawaban, konfirmasi materi dan refleksi dari pembelajaran yang dilakukan.
  7. Saatnya memberi penghargaan kepada kelompok terbaik.


pembelajaran scramble




Pembelajaran scramble menyenangkan karena memungkinkan peserta didik untuk belajar sambil bermain dengan cara memasangkan kartu soal dan kartu jawaban. Apalagi jika desain kartu yang diberikan lucu dan unik. Pasti akan membangkitkan kegembiraan dalam belajar sekaligus mampu melatih keterampilan peserta didik dalam memecahkan soal-soal.
 
Sedang mencari jawaban

Pembelajaran scramble pernah diterapkan penulis dalam materi gravitasi di SMA. Penerapan pembelajaran scramble dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasilnya, pembelajaran scramble mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar fisika. Artikel penelitian dapat ditemukan di Jurnal Guru Dikmen Vol. 2 No.1 - Desember 2017.

36 Responses to "BELAJAR FISIKA GRAVITASI SAMBIL BERMAIN KARTU"

  1. Menurut hukum newton semua benda jatuh ke bumi karena gravitasi. Lalu apa yang menyebabkan hatiku jatuh padamu ? eaaaa

    BalasHapus
  2. Perasaan saya udah komen di sini semalam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai moderasi, jadinya gak muncul. Hehehe.

      Hapus
  3. Waktu SD pernah main kartu yang nilai dari persamaan matematika. Berjam2 bru tuntas 1 putaran hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi gak seru itu karena terlalu lama, hahaha.

      Hapus
  4. Wahhh sudah lama sekali gak belajar Fisika yaa, terakhir SMA waktu itu, sekarang mainannnya dah kabel sama jaringan awhahwa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hati-hati kabelnya kena jaring ntar, hehehe.

      Hapus
  5. Wahh ak dulu pernah banget belajar ini, sampe lupa waktu wuehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow, keren nih. Saya aja kalau belajar selalu lihat waktu kapan berakhirnya, hehhe.

      Hapus
    2. Maksudnya tidak berhenti untuk bermain terus terusan hehehe

      Hapus
  6. Kreatif... menjadi menyenangkan. Smg bisa mengubah stigma bahwa fisika menyeramkan. Bagi saya sih masih. utamanya klo dah ketemu persamaan laplace

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin... Alhamdulillah, di SMA laplace nya gak muncul, mungkin masih liburan, hahaha.

      Hapus
  7. Hebat banget kak flkhi ini langsung ngelola 3 blog sekaligus? Salut! Saya suka dengan fisika walaupun agak sulit dipahami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ini lagi keteteran mbak Vika. Baru balas komen juga, hiks.

      Hapus
  8. wah seru juga ya belajar sambil bermain, jadi lebih semangat para siswa belajar fisika ya kak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, gurunya bisa lebih santuy mengajarnya, hehehe.

      Hapus
  9. Wuaah .. makin keren grafisnya blog kak Qudsi ini, ada bentuk huruf dan warna oke 👍

    Tentang praktik fisika begini aku suka banget, rasanya jadi seorang eksprerimen laboratorium betulan ...
    Tapiii, kalau udah teori ..., apalagi hitung-hitungan rumus, udah deh aku nyerah pasrah dadah-dadah ke arah kamera ...


    Wwwkkkk 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, kak. Lagi main-main dengan gambar itu, hehehe.

      Memangnya sedang syuting kak, kok pakai dadah-dadah ke kamera, hahaha.

      Hapus
  10. Fisika yang biasanya jadi momok ternyata bisa jadi menyenangkan 👍👍👍

    BalasHapus
  11. Keren sekali metode pembelajarannya, kak ..

    Kalau semua pelajaran dilengkapi property pendukung menarik seperti layaknya sebuah permainan begini, pasti para murid jadi bertambah lagi semangatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, memang itu tujuannya. Semoga bisa tercapai dan fisika tidak lagi menakutkan, hehehe.

      Hapus
  12. Waktu saya sekolah di MAN, sy belajar Fisika nggka mudeng--0mudeng. nggak tahu kenapa, apa karena gurunya galak, apa karena sy nya yang tidak pahaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, karena fisikanya lagi ngambek mungkin, makanya gak mau datang buat memahamkan, hehehe.

      Hapus
  13. walah kalau saya masalah fisika angkat tangan ama kaki deh mbak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, jatuh dong kalau angkat tangan sama kaki, hehehe.

      Hapus
  14. wah, enak ya belajar sambil bermain, pasti mudah mengingatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiin, semoga benar begitu, karena tujuannya memnag untuk mempermudah belajar siswa.

      Hapus
  15. Memang guru harus kreatif agar pelajaran yang tidak disukai seperti fisika bisa dipelajari oleh murid dengan senang. Salah satunya ya cara seperti ini.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, betul. penting untuk membuat kreatif agar suasana kelas tetap terasa menyenangkan walaupun pelajarannya menantang, :)

      Hapus
    2. Betul sekali bu guru, kak suasananya menyenangkan biasanya pelajaran bisa cepat diserap oleh murid ya Bu.😄

      Hapus
  16. Terkadang pelajaran ini sering dianggap paling susah, karena pelajarannya penuh kode simbol dan kode yang sulit dimengerti.. Tapi kalo dipahami sebenarnya asik dan menarik, susah bukan berarti gak seru,

    BalasHapus
  17. wih ppostingan yang mantap nih siapa tau dpat diaplikasikan di Konsultan Pemetaan

    BalasHapus

Terima kasih atas saran dan kunjungannya