PENGERTIAN PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI DALAM KURIKULUM 2013
PENGERTIAN PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI DALAM KURIKULUM 2013
Kurikulum merupakan panduan dalam proses kegiatan belajar mengajar di suatu tempat dalam rentang waktu tertentu. Perubahan terhadap kurikulum mutlak diperlukan untuk menyesuaikan proses pembelajaran dengan perkembangan teknologi dan kemajuan. Apakah perubahan kurikulum juga berdampak pada konstruksi pengertian pembelajaran?
Berikut ini beberapa pengertian pembelajaran dari para ahli yang dapat digunakan dalam Kurikulum 2013.
Suradijono (hal. 23)
"Pembelajaran adalah kerja mental aktif, bukan menerima pengajaran dari guru secara pasif."
Sudjana (hal. 28)
"Pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar."
Gulo (hal. 28)
"Pembelajaran adalah usaha untuk menciptakan sistem lingkungan yang mengoptimalkan kegiatan belajar."
Nasution (hal. 28)
"Pembelajaran adalah aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak didik sehingga terjadi proses belajar."
Biggs (hal. 28)
Kuantitatif, "pembelajaran adalah penularan pengetahuan dari guru kepada peserta didik."
Institusional, "pembelajaran adalah penataan segala kemampuan mengajar sehingga berjalan efisien."
Kualitatif, "pembelajaran adalah upaya guru untuk memudahkan belajar siswa."
Amri (hal. 34)
"Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik."
Itulah pengertian pembelajaran dari para ahli dalam kurikulum 2013. Semoga dapat dijadikan pedoman dalam melakukan konstruksi pengertian pembelajaran untuk menyesuaikan dengan kurikulum. Salam pembelajaran!
Sumber
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Surabaya : Prestaki Pustaka Publisher.
Waah terima kasih atas informasi dan sharingnya ya mba
BalasHapusSama2 mbak Liswanti. Terima kasih kunjungannya :)
Hapus