Iklan

KONSEP DAN SINTAK PROBLEM BASED LEARNING



Konsep dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang dirancang agar peserta didik mendapat pengetahuan penting, yang membuat mereka mahir dalam memecahkan masalah, dan memiliki model belajar sendiri serta memiliki kecakapan berpartisipasi dalam tim. Pembelajaran berbasis masalah menantang peserta didik untuk “belajar bagaimana belajar”, dan bekerja secara berkelompok untuk mencari solusi dari permasalahan dunia nyata.


Sintak pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah sebagai berikut.

Orientasi peserta didik kepada masalah
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, dan memotivasi peserta didik terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.

Mengorganisasikan peserta didik
Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, dll)

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Guru membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Guru membantu peserta didik dalam merencanakan serta menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang  digunakan



Sumber : Materi Pelatihan Kurikulum 2013

3 Responses to "KONSEP DAN SINTAK PROBLEM BASED LEARNING"

  1. melalui "Konsep dan Sintak Problem Based Learning siswa akan belajar memecahkan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran, mungkin juga pengalaman hidup.

    BalasHapus
  2. Diharapkan siswa dapat mencoba memecahkan masalah dengan saring dalam kelompoknya

    BalasHapus

Terima kasih atas saran dan kunjungannya