Iklan

KONSEP DAN SINTAK PEMBELAJARAN SCRAMBLE


Model pembelajaran scramble merupakan model pembelajaran dengan metode membagikan lembar berisi soal dan lembar berisi jawaban. Lembar jawaban yang dibagikan tidak hanya satu melainkan disertai beberapa alternatif jawaban lain. Peserta didik diharapkan mampu memasangkan lembar soal dengan lembar jawaban yang benar disertai cara penyelesaiannya.

 
Sintak alias langkah-langkah pembelajaran scramble terdiri atas 7 fase, yaitu
  1. menyampaian tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  2. mengorganisir peserta didik dalam kelompok-kelompok.
  3. menyajikan materi kepada peserta didik atau menyajikan bahan ajar kepada masing-masing kelompok.
  4. membagikan kartu soal dan kartu jawaban dan alternatifnya kepada masing-masing kelompok.
  5. masing-masing kelompok mengerjakan tugas yaitu mengerjakan soal pada kartu soal dan memilih jawaban yang benar pada kartu jawaban.
  6. melakukan evaluasi terkait dengan pembelajaran yang dilakukan.
  7. memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki hasil dan aktivitas terbaik.



 

Sumber:
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.

Hariono, D. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Fisika Pada Topik Listrik AC-DC. Other thesis, Universitas Negeri Gorontalo.

Qudsi FT, Istianah. 2017. Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika dengan “MOSCRA”. Jurnal Guru Dikmen, Vol. 2, No.1 . Jakarta.
 


0 Response to "KONSEP DAN SINTAK PEMBELAJARAN SCRAMBLE"

Terima kasih atas saran dan kunjungannya