Iklan

BELAJAR FISIKA GRAVITASI SAMBIL BERMAIN KARTU


Dilarang berfikir negatif saat membaca judul tulisan, hehehe. Fisika itu dikenal sebagai monster. Namanya monster pasti ditakuti oleh semua orang. Lalu, bagaimana kita bisa mengajar fisika dengan baik jika ditakuti? Susah kan jadi guru fisika? Hahaha. Agar fisika bisa diterima dengan baik, kita harus merubah maskot monster menjadi badut. Caranya adalah dengan menciptakan pembelajaran fisika yang menarik dan menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Scramble. Penerapan model Scramble dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan karena dapat belajar fisika sambil bermain kartu.

pembelajaran scramble
Hasil pembelajaran Scramble


pembelajaran scramble




Kartu soal dan Kartu jawaban


Kartu soal dan kartu jawaban bisa dibuat dalam bentuk lucu dan unik untuk membuat siswa tertarik 


pembelajaran scramble




  1. Sampaikan goal yang akan dicapai dalam pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus jelas dan terukur.
  2. Bentuk kelompok-kelompok belajar. Kelompok disarankan homogen dalam kemampuan.
  3. Jelaskan materi atau siswa diminta belajar mandiri melalui bahan ajar yang dibagikan kepada kelompok.
  4. Bagikan kartu soal dan kartu jawaban kepada setiap kelompok.
  5. Minta setiap kelompok untuk mengerjakan setiap soal di dalam kartu lalu mencari jawaban yang sesuai di beberapa kartu jawaban.
  6. Lakukan evaluasi. Evaluasi dapat berupa pengecekan masing-masing jawaban, konfirmasi materi dan refleksi dari pembelajaran yang dilakukan.
  7. Saatnya memberi penghargaan kepada kelompok terbaik.


pembelajaran scramble




Pembelajaran scramble menyenangkan karena memungkinkan peserta didik untuk belajar sambil bermain dengan cara memasangkan kartu soal dan kartu jawaban. Apalagi jika desain kartu yang diberikan lucu dan unik. Pasti akan membangkitkan kegembiraan dalam belajar sekaligus mampu melatih keterampilan peserta didik dalam memecahkan soal-soal.
 
Sedang mencari jawaban

Pembelajaran scramble pernah diterapkan penulis dalam materi gravitasi di SMA. Penerapan pembelajaran scramble dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasilnya, pembelajaran scramble mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar fisika. Artikel penelitian dapat ditemukan di Jurnal Guru Dikmen Vol. 2 No.1 - Desember 2017.

0 Response to "BELAJAR FISIKA GRAVITASI SAMBIL BERMAIN KARTU"

Terima kasih atas saran dan kunjungannya