Iklan

PEMBELAJARAN FISIKA : BAGAIMANA KISMIS BISA MENARI?


Siapa yang belum tahu kismis? Dibalik labelnya sebagai makanan yang masam ternyata kismis menyimpan suatu rahasia. Rahasia yang akan membuat kita kagum pada kismis, coba apa rahasianya? Yup, betul. Kismis ternyata bisa menari sekaligus berjoget ria, hehehe. Bagaimana kismis bisa menari? Coba ikuti percobaan berikut ini.


pembelajaran fisika
 

pembelajaran fisika




Kismis, air soda (bisa juga pakai fanta putih), dan gelas kaca.


pembelajaran fisika



  1. Tuanglah air soda ke dalam gelas.
  2. Masukkan kismis ke dalam gelas yang sudah berisi air soda.
  3. Perhatikan baik-baik, apa yang dilakukan oleh kismis?


Jika percobaan yang dilakukan berhasil, kismis akan bergerak-gerak layaknya penari dari dasar ke permukaan air soda.

pembelajaran fisika



Minuman soda mengandung gas karbondioksida. Gelembung gas karbondioksida pada minuman soda ini akan berebut menempel pada kismis yang keriput. Gas yang tergolong ringan akan menimbulkan gaya angkat pada kismis sehingga kismis mengapung di permukaan air soda. Ketika berada di permukaan, gelembung akan pecah. Kismis pun kehilangan gaya angkatnya. Karena kehilangan, kismis akan kembali tenggelam. Ketika tenggelam, gelembung-gelembung gas karbondioksida akan kembali menempel dan menyebabkan kismis bergerak ke permukaan air soda dan mengulangi proses sebelumnya. Jika diamati kismis terlihat seperti menari kan? Hehehe.

pembelajaran fisika kismis
Mana? mana tarian kismisnya, hehehe.

Jika dikaitkan dengan fisika, percobaan kismis menari berkaitan dengan hukum Archimedes. Siapa yang ingat bunyi hukum Archimedes? Saya kasih jempol bagi yang bisa jawab. Hahaha.

2 Responses to "PEMBELAJARAN FISIKA : BAGAIMANA KISMIS BISA MENARI?"

  1. ini saya juga baru tau, dan sangat menarik untuk di baca tentang kismis ini.

    Salam

    Promosi Bisnis

    BalasHapus
  2. The 00 just isn't counted in either group, though, which is something remember of|to focus on|to listen to}. Making statements 우리카지노 based mostly on opinion; again them up with references or personal expertise. There are additionally different choice mechanisms that can be used.

    BalasHapus

Terima kasih atas saran dan kunjungannya