Iklan

PEMBELAJARAN FISIKA : BAGAIMANA KALENG BISA MELONCAT?


Saat ini kita pasti familiar dengan minuman kemasan. Salah satu minuman kemasan adalah minuman kaleng. Ada banyak minuman kaleng yang dapat kita beli di supermarket. Nah, berbicara tentang minuman kaleng ternyata kaleng bekas minuman itu bisa meloncat lho. Sama seperti kodok yang senangnya meloncat-loncat, hehehe. Bagaimana kaleng bisa meloncat? Coba ikuti percobaan berikut ini.

pembelajaran fisika


pembelajaran fisika


 
Minuman kaleng bekas dan gelas dengan diameter lebih besar dibandingkan kaleng


pembelajaran fisika


 
  1. Letakkan kaleng bekas minuman di dalam gelas.
  2. Tiup celah di bagian atas antara kaleng dengan gelas secara keras.
  3. Perhatikan baik-baik, apa yang dilakukan oleh kaleng?
 Jika percobaan yang dilakukan berhasil, kaleng akan meloncat begitu celah bagian atas antara kaleng dan gelas ditiup dengan keras.

pembelajaran fisika
 


Ketika kita meniup celah bagian atas antara kaleng dan gelas, udara bertekanan tinggi akan terbentuk di bagian bawah kaleng dan di dalam kaleng. Sementara tekanan udara bagian atas kaleng dan gelas yang terkena aliran udara masih tetap rendah. Perbedaan tekanan udara yang terjadi akan menyebabkan kaleng meloncat ke luar dari gelas. Sebab tekanan udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan udara rendah.    

Jika dikaitkan dengan fisika, percobaan kaleng meloncat dapat dikaitkan dengan fluida dinamis. Siapa ilmuwan yang namanya dijadikan nama hukum pada materi fluida dinamis? Kalau lupa, bisa tanya mbah gugel ya, hehehe.

1 Response to "PEMBELAJARAN FISIKA : BAGAIMANA KALENG BISA MELONCAT?"

Terima kasih atas saran dan kunjungannya