Iklan

BELAJAR FISIKA DENGAN PUZZLE ENERGI

Belajar sambil bermain tentu menyenangkan. Apalagi jika yang dipelajari adalah materi yang terkesan susah dan menakutkan seperti fisika. Maka pembelajaran dengan permainan adalah salah satu solusi inovatif yang bisa membuat suasana belajar fisika menjadi seru dan menyenangkan. Tidak percaya? Coba saja gunakan media puzzle energi seperti yang ada pada gambar. 

Contoh puzzle energi




Puzzle Energi

Puzzle bisa dibuat dari gambar-gambar menarik yang menunjukkan penerapan dari konsep energi yang ada di sekitar kita. Untuk puzzle jawaban sebaiknya idbuat lebih dari satu puzzle. Puzzle juga dapat dibuat lebih dari satu sehingga masing-masing kelompok akan mendapat puzzle yang berbeda.




  1. Jelaskan proses pembelajaran yang akan dilakukan dan tujuan yang akan dicapai. Tujuan pembelajaran harus jelas dan terukur.
  2. Bentuk kelompok-kelompok belajar. Kelompok disarankan homogen dalam kemampuan.
  3. Jelaskan materi tentang energi atau siswa belajar mandiri melalui bahan ajar yang dibagikan kepada kelompok.
  4. Bagikan puzzle kepada setiap kelompok.
  5. Minta setiap kelompok untuk memasangkan puzzle dan menentukan jawaban dari setiap puzzle jawaban.
  6. Lakukan presentasi. Setiap kelompok mempresentasikan masing-masing puzzle yang berupa pasangan pertanyaan dan jawaban, selanjutnya menjelaskan perubahan energi yang ada pada gambar di puzzle.
  7. Saatnya memberi penghargaan kepada kelompok terbaik.



Energi adalah salah materi yang dalam pembelajaran fisika. Materi energi membutuhkan pemahaman konsep yang kuat dan keterampilan dalam berhitung. Pembelajaran dengan puzzle mampu melatih siswa untuk memahami konsep energi dan berlatih menghitung. Selain itu, gambar yang menarik dalam puzzle dapat membuat siswa senang dalam belajar dan mengaitkan pengetahuan energi yang dimiliki dengan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil pembelajaran puzzle

Pembelajaran dengan puzzle energi pernah diterapkan penulis pada siswa kelas X IPA. Mereka sangat antusias dalam belajar dan menyelesaikan puzzle hingga menjadi gambar yang utuh.

1 Response to "BELAJAR FISIKA DENGAN PUZZLE ENERGI"

  1. Dulu pelajaran pertama yg paling diingat.. energi tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan, hanya bisa berubah bentuk.

    Terus sekarang cinta gitu juga katanya. Hanya bisa dipindahkan dari 1 hati ke hati yang lain

    BalasHapus

Terima kasih atas saran dan kunjungannya